Niaga Logistics - Apa perbedaan FCL dan LCL ?

Apa perbedaan FCL dan LCL ?

Selasa, 15 Dec 2020 09:56 WIB
SHARE

Anda pasti sering mendengar dua istilah tipe pengiriman di dalam dunia logistics, yaitu FCL dan LCL sebetulnya apa yang membedakan dari kedua tipe diatas.

 

 

FCL (Full Container Load)

Pada tipe pengiriman ini, customer atau pengirim barang akan menggunakan seluruh kapasitas dari container tersebut untuk memuat barang yang akan dikirim. Sehingga barang tidak akan tercampur dengan barang milik orang lain, resiko rusak pada barang jadi lebih sedikit, tidak perlu menunggu container terisi penuh dan tentunya pengiriman akan menjadi lebih cepat dan efisien tanpa harus menunggu hingga container penuh.

Skema Gambar Pengiriman FCL

 

Kondisi yang tepat menggunakan FCL jika anda memiliki barang dengan kubikasi atau dalam jumlah yang besar, dan anda membutuhkan pengiriman yang cepat dan juga ingin meminimalisir kerusakan barang anda selama diperjalanan. Maka tipe pengiriman FCL sangat cocok untuk anda, karena dapat menghemat pengeluaran operasional anda karena harga lebih terjangkau dan juga anda memiliki waktu pengiriman yang singkat karena tidak perlu menunggu barang orang lain untuk memenuhi kuota pengiriman kubikasi satu kontainer.

 

 

LCL (Less Container Load)

Pada tipe pengiriman ini, customer atau pengirim barang yang kapasitas dan jumlahnya tidak memenuhi satu container sehingga diperlukan barang dari customer lain untuk memenuhi satu container tersebut untuk berangkat kedalam suatu tujuan. Untuk perhitungan harganya sendiri, tipe pengiriman LCL biasanya memiliki 2 metode pengukuran yaitu perhitungan dimensi (kubikasi) dan perhitungan berat barang (tonase) nantinya tarif yang dikeluarkan untuk pengiriman tersebut akan keluar setelah pengukuran barang dilakukan.

Skema Gambar Pengiriman LCL

Kondisi yang tepat menggunakan LCL jika anda memiliki barang dengan kubikasi atau dalam jumlah yang tidak terlalu besar, dan memiliki banyak sekali tujuan penerima di beberapa kota, maka tipe pengiriman LCL sangat tepat untuk anda gunakan.

Dengan adanya artikel info niaga tentang perbedaan FCL dan LCL ini semoga dapat menambah pengetahuan dan juga dapat menjadi pedoman dalam pemilihan layanan pengiriman pada Niaga Logistics. Selalu tipe pengiriman yang sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhan ditiap pengiriman. Terima Kasih